• SMK MUHAMMADIYAH PONPES KUDUS
  • Millenial . Cerdas . Berkarakter
  • smkmuhponpeskds@gmail.com
  • 0295-4101017
  • Pencarian

Ekstrakurikuler SMK Muhammadiyah Ponpes Kudus

Kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1993 dan Nomor 080/U/1993, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, dan dirancang secara khusus agar sesuai dengan faktor minat dan bakat siswa.
Sedangkan menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan. Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah, bertujuan agar siswa dapat memperkaya dan memperluas diri.

Fungsi, Tujuan dan Jenis-jenis Ekstrakurikuler

Fungsi kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk mengembangkan kemampuan potensi dan rasa tanggung jawab memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial dalam kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas. Menurut Aqip dan Sujak (2011:68), terdapat empat fungsi kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan, yaitu: pengembangan, sosial, rekreatif, dan persiapan karir.

  1. Fungsi pengembangan, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan. 
  2. Fungsi sosial, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial, praktik keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral dan nilai sosial.
  3. Fungsi rekreatif, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dalam suasana rilek, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga menunjang proses perkembangan peserta didik. Kegiatan ekstrakulikuler harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi peserta didik. 
  4. Fungsi persiapan karir, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas.

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 tentang pembinaan kesiswaan, kegiatan ekstrakurikuler memiliki tujuan sebagai berikut.

  1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas.
  2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dari pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan. 
  3. Mengaktualisasi potensi siswa dalam pencapaian potensi unggulan sesuai bakat dan minat. 
  4. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat mandiri (civil society).


Menurut Permendikbud No. 81A Tahun 2013, terdapat beberapa jenis kegiatan ekstrakurikuler, yaitu:

  1. Krida. Kepramukaan, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Palang Merah Remaja (PMR), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dan lainnya. 
  2. Karya ilmiah. Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), Kegiatan Penguasaan Keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian dan sebagainya. 
  3. Latihan/olah bakat/prestasi. Pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, cinta alam, jurnalistik, teater, keagamaan, dan lainnya.

untuk di SMK Muhammadiyah Ponpes Kudus sendiri, sedikitnya terdapat 11 ekstrakulikuler yang menjadi pilihan siswa untuk meningkatkan serta menumbuh kembangkan potensi atau bakatnya melalui kegiatan ekstrakulikuler ini, 11 ekstrakulikuler tersebut diantaranya:

1. Ekstrakurikuler Pengelasan

Salah satu ekstrakulikuler yang ada di SMK Muhammadiyah Ponpes Kudus adalah Pengelasan

Pengelasan adalah suatu proses menyatukan 2 buah logam atau lebih menjadi suatu bentuk sambungan dengan menggunakan proses panas. Panas tersebut diperlukan untuk mencairkan bagian logam yang akan disambung dengan elektroda sebagai bahan tambah atau filler. 

Banyak sekali jenis pengelasan yang dapat digunakan dalam proses penyambungan klasifikasi pengelasan berdasarkan cara kerjanya yaitu las gas, las busur listrik, las listrik terak, las listrik gas, las termit, las sinar elektron dan las busur plasma. Namun yang paling umum digunakan di dalam industri konstruksi dan manufaktur adalah las gas dan las busur listrik seperti pengelasan yang ada di sekolah.

2. Tapak Suci

Ekstrakurikuler ini merupakan ekstrakurikuler bela diri yang berasal dari Muhammadiyah. SMK Muhammadiyah Ponpes Kudus menjalankan ekstrakurikuler Tapak Suci menjadi wadah bagi siswa dan siswi sebagai bentuk melestarikan bela diri asli Muhammadiyah.

Selain itu, melalui Tapak Suci siswa-siswi mampu mengendalikan dan memiliki kontrol diri dari berbagai hal-hal yang merugikan.

Tujuan dari ekstrakurikuler Tapak Suci adalah Menumbuhkan sikap disiplin siswa, menciptakan kondisi bugar dan prima sehingga dapat berpikir secara optimal, Menumbuhkan dan meningkatkan rasa percaya diri siswa, Menumbuhkan sikap sportif dan saling menghargai dan tentunya Memperoleh prestasi;

3. PMR ( Palang merah Remaja)

Setiap sekolah baik itu jenjang SMP atau SMA pasti memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Dimana salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dimiliki SMK Muhammadiyah Ponpes Kudus adalah Palang Merah Remaja (PMR). Ekstrakurikuler PMR adalah salah satu ekstrakurikuler yang sangat diminati oleh para siswa. 

Manfaat mengikuti PMR yaitu dapat Mendidik anak-anak  fokus terkait kesehatan serta pengobatan serta mempelajari berbagai macam keterampilan, seperti tali-temali, membalut.

  • Mempelajari bagaimana cara menolong orang yang membutuhkan bantuan serta tergerak hatinya untuk membantu sesama
  • Melatih kepemimpinan
  • Mengembangkan jiwa sosial dan kemanusiaan.
  • Mengembangkan rasa tanggung jawab dan kemandirian

4. FUTSAL

Ekstrakurikuler futsal adalah kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang menawarkan kesempatan bagi siswa untuk belajar dan mengembangkan keterampilan dalam bermain futsal. Futsal adalah olahraga yang mirip dengan sepak bola, namun dimainkan dalam ruangan yang lebih kecil dan dengan jumlah pemain yang lebih sedikit.

Di ekstrakurikuler futsal, siswa akan diajarkan tentang teknik dasar dalam bermain futsal, seperti teknik dribble, passing, shooting, dan teknik pertahanan. Selain itu, siswa juga akan belajar tentang taktik dan strategi dalam permainan futsal, serta mempelajari aturan dan etika dalam bermain futsal.

Kegiatan ekstrakurikuler futsal di sekolah juga dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan motorik, keseimbangan, koordinasi, dan kebugaran fisik. Para siswa juga dapat belajar untuk bekerja sama dalam tim, meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berkomunikasi.

Kegiatan ekstrakurikuler futsal juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental siswa, seperti membantu mengurangi stres, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Selain itu, siswa yang berpartisipasi dalam ekstrakurikuler futsal juga dapat tampil dalam acara sekolah, turnamen futsal antar sekolah, atau bahkan kompetisi futsal tingkat daerah atau nasional.

5. EKSTRAKURIKULER HW

“Ekstrakurikuler Kepanduan Hizbul Wathan Qobilah di SMK Muhammadiyah Ponpes Kudus adalah wadah bagi siswa untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, kecakapan bertahan di alam terbuka, dan rasa cinta terhadap tanah air. Melalui kegiatan pendidikan non-formal, kami mengajarkan keterampilan bertahan, pertolongan pertama, dan orientasi alam kepada siswa. Selain itu, mereka diajak untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan dan kemanusiaan, serta berpartisipasi dalam upaya kemanusiaan dan lingkungan.

            Bergabung dengan Kepanduan Hizbul Wathan Qobilah memberikan siswa pengalaman berharga dalam pengembangan diri dan kepemimpinan. Kami menciptakan kesempatan untuk mengasah keterampilan organisasi, kerjasama tim, dan komunikasi melalui kegiatan kemping, pelatihan bertahan, serta program sosial. Kami percaya bahwa melalui ekstrakurikuler ini, siswa tidak hanya tumbuh sebagai individu yang tangguh dan mandiri, tetapi juga mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan negara.

6. Ekstrakurikuler Paduan Suara

            Pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMK Muhammadiyah Ponpes Kudus  merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang seni musik, khususnya dibidang vokal. Adapun siswa-siswi yang mengikuti ekstrakurikuler paduan suara terdiri dari siswa kelas X, XI, dan XII yang memiliki bakat dan kemampuan dibidang tersebut.

7. BTA ( Baca Tulis Alquran )

Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tullis Al Qur’an (BTA). adalah sebuah kegiatan membaca Al Qur’an dengan tartil, artinya jelas, racak dan teratur, sedang menurut istilah ahli qiro`at ialah membaca Al Qur`an dengan pelan-pelan dan tenang, beserta dengan memikirkan arti-arti Al Qur`an yang sedang dibaca, semua hukum tajwid dan waqof terjaga dengan baik dan benar / terpelihara dengan sempurna.dengan adanya BTA di SMK Muhammadiyah Ponpes Kudus dalam ekstra BTA diharapkan siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan lancar, baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu Tajwid.

8. Qiro’ah

Kegiatan Ekstrakurikuler Qiro’ah adalah sebuah kegiatan Seni membaca Al Qur’an dengan merdu, indah dan menggetarkan hati. Dari maknanya qiraat berarti bacaan, sedangkan menurut istilah ialah aliran – aliran yang berbeda dalam menuturkan (melafalkan) Al Qur’an.

Kegiatan Pembinaan Seni Membaca Al Qur’an ini menjadi satu paket dengan Pembinaan Baca Tartil Al Qur’an, lebih spesifik bagi mereka yang terseleksi memiliki vokal yang bagus otomatis terekrut mendapat pembinaan Qiro’ah dan diikutkan pada lomba-lomba maupun pengisi acara sekolah dan pondok.

 

9. Ekstrakurikuler Web Desain

10. Ekstrakurikuler Volly

  

11. Ekstrakurikuler Rebana

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2024

Untuk Pendaftaran PPDB Daring bisa di klik pada tautan disamping pada halaman website ini. Dan untuk pendaftaran Luring bisa langsung datang ke SMK Muhammadiyah Ponpes Jekulo. Kami

22/01/2024 13:28 - Oleh Abiqs Fastabiqulkhoirot - Dilihat 157 kali
SMK Muhammadiyah Ponpes Kudus Meraih JUARA 1 POPDA Kab.Kudus

SMK Muhammadiyah Jekulo (SMK MAJU) mengirimkan siswanya untuk mengikuti POPDA Kab. Kudus Th.2023 untuk Cabang Olahraga Taekwondo. Alhamdulillah dari Cabor tersebut mendapatkan JUARA 1 u

05/04/2023 13:14 - Oleh Abiqs Fastabiqulkhoirot - Dilihat 235 kali
SMK Muhammadiyah Ponpes Kudus Meraih JUARA 3 pada mata lomba ARTIFICIAL INTELLIGENCE

LKS (Lomba Kompetensi Siswa) merupakan ajang yg paling bergengsi di lingkungan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Ajang lomba yang menguji kompetensi

05/04/2023 13:07 - Oleh Abiqs Fastabiqulkhoirot - Dilihat 372 kali
SMK Muhammadiyah Ponpes Kudus Meraih JUARA 2 pada mata lomba INFORMATION NETWORK CABLING

LKS (Lomba Kompetensi Siswa) merupakan ajang yg paling bergengsi di lingkungan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Ajang lomba yang menguji kompetensi

05/04/2023 13:03 - Oleh Abiqs Fastabiqulkhoirot - Dilihat 379 kali
SMK Muhammadiyah Ponpes Kudus Meraih JUARA 1 pada mata lomba MOTORCYCLE REPAIR AND MAINTENANCE

LKS (Lomba Kompetensi Siswa) merupakan ajang yg paling bergengsi di lingkungan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Ajang lomba yang menguji kompetensi

05/04/2023 12:58 - Oleh Abiqs Fastabiqulkhoirot - Dilihat 372 kali